Jumat, 22 Maret 2013


     DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANDUNG
     UPTD TK DAN SD KECAMATAN CANGKUANG
     SD NEGERI SETRAGALIH 02
     ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
     Jl. Nagrak Ds. Cangkuang Kec. Cangkuang Kab. Bandung
     E-Mail : sdnsetragalihdua@yahoo.com / sdnsetragalihdua.blogspot.com
Nama Siswa       : ....................................         Tanggal                      : .....................................
Kelas                  : I/II                                        Mata Pelajaran           : Bahasa Sunda

Baca sing Taliti!
Si Pusi
Wening boga ucing
Pamere di bibina
Ucingna lucu pisan
Buluna warna warni
Bodas, hideung jeung koneng
Dingaranan si Pusi
Tuh geura tingali si Pusi keur kumincir
Matak resep ningalina
I.        Jawab Pananya Dihandap!
1.       Boga naon Wening teh?
2.       Pamere ti saha?
3.       Kumaha buluna?
4.       Dingaranan naon ucing teh?
5.       Naon anu matak resep nengalina teh?
II.     Eusian
1.       Ucing Kabeukina ................
2.       Kelinci beukina ................
3.       Lauk beukina ...............
4.       Sapi beukina ................
5.       Manuk beukina ................


--------------------------------------- Good Luck ------------------------------------

Senin, 18 Maret 2013

SELAYANG PANDANG KURIKULUM 2013

Tahun ajaran baru Juli 2013 Kurikulum Baru akan diterapkan di semua jenjang sekolah, termasuk Sekolah Dasar (SD). Draf Kurikulum 2013 yang dirilis saat uji publik sampai sekarang kerap mengalami perubahan. Tetapi draf Kurikulum 2013 yang terbaru atau versi terakhir sudah kembali dirilis ke publik.

Dokumen Draf Kurikulum 2013 ini berisi deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum. Dokumen Draf Kurikulum 2013 untuk SD/MI juga memuat berbagai tema yang diintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum.


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum SD/MI 2013
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum SD/MI 2013
Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Dalam Draf Kurikulum 2013 untuk SD/MI terlampir Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar juga mata pelajaran yang diajarkan di SD/MI yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.

SOAL PKn KELAS 6


PPKN UAN SD






1.      Keindahan alam berupa pantai, danau, hutan, pegunungan, air terjun, persawahan, dan sebagainya merupakan...
A.      Hasil kerja nenek moyang kita dahulu           
B.      Hasil teknologi canggih
C.      Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
D.      Kejadian alam yang wajar

2.      Manusia memiliki cipta, rasa, dan karsa. Salah satu rasa yang dimiliki oleh manusia adalah rasa keindahan. Dengan rasa keindahan manusia dapat menciptakan…
A.     Barang-barang yang mahal harganya
B.     Perlengkapan rumah tangga
C.     Barang-barang keperluan sehari-hari
D.     Karya seni dalam berbagai bentuk

3.      Mengotori tembok sekolah, dan mencoret-coret pohon di tempat obyek wisata merupakan perbuatan yang harus kita hindari karena dapat merusak ....
A.      ketertiban                                   
B.      kesenangan
C.      keindahan
D.      keseimbangan

4.      Sikap mencintai keindahan dalam diri seorang siswa dapat diwujudkan dengan .... ke sekolah.
A.    Mengenakan seragam sesuai jadwal setiap hari
       B.    Mengenakan seragam yang rapi dan bersih
       C.    Mengenakan seragam batik
       D.    mengenakan seragam yang kusut dan kotor

5.      Berdasarkan rasa keindahan pada setiap orang, timbullah sikap ....
A.      Tolong menolong antar sesama                 
B.      Kerjasama dalam masyarakat
C.      Menghargai hasil karya orang lain
D.      Membiarkan orang lain berkarya sebanyak-banyaknya

6.      Salah satu perbuatan yang tidak mencerminkan rasa cinta keindahan, misalnya ...
A.      Membersihkan saluran air
B.      Merapikan kamar
C.      Menanam bunga di halaman
D.      Membuang sampah sembarangan

7.      Rumah kamu akan kelihatan indah apabila ....
A.      Banyak ditanami bunga-bunga
B.      Bersih, teratur dan rapi
C.      Dibuat permanen dan kuat
D.      Berukuran luas

8.      Agar suasana rumah kita tidak membosankan, tindakan yang dapat kita lakukan misalnya ....
A.      membeli perabot baru yang lebih mahal
B.      menjual perabot lama kepada tetangga
C.      menjual rumah dan membeli yang baru
D.      mengatur kembali susunan tata ruang dan perabotan

9.      Jadwal piket membersihkan kelas disusun dengan tujuan agar .…
A.      Bapak/Ibu guru tidak perlu membersihkan kelas
B.      Setiap siswa mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keindahan kelas
C.      Ketua kelas bisa bersantai karena tidak mendapat giliran piket
D.      Meringankan tugas pesuruh sekolah
10.    Keindahan dapat kita jumpai dalam berbagai macam bentuk. Bentuk bahasa yang indah disebut seni ....
A.      sastra             C.    tari
B.      drama            D.    musik

11.    Keindahan Candi Borobudur merupakan keindahan ....
A.     pantai                                                 
B.     taman
C.     tempat bersejarah kota                                       
D.     hutan

12.    Perpaduan antara seni gerak dan lagu merupakan seni ....
A.     Sastra            C.    Musik
B.     Budaya           D.    Tari

13.    Keindahan Tari Pendet merupakan kebanggaan ....
A.     Masyarakat Bali
B.     Turis yang mengunjungi Bali
C.     Bangsa Indonesia
D.     Pemerintah daerah Bali

14.    Salah satu daya tarik negara kita sehingga sering dikunjungi wisatawan mancanegara adalah ..
A.      Banyak hotel berbintang lima
B.      Harga cindera mata murah
C.      Keindahan alam dan budaya bangsa yang beragam
D.      Negara Indonesia sangat luas

15.    Negara kita terkenal keindahan alamnya, banyak yang menjadi pusat wisata. Terhadap keindahan alam, sikap kita adalah
A.      Mengabadikan dalam foto
B.      Membuat lukisan tentang keindahannya
C.      Menikmati, memelihara, dan melestarikannya
D.      Menyiarkan dalam surat kabar dan majalah

16.    Kegagalan yang dialami dalam suatu kegiatan harus kita terima dengan ....
A.      Kemarahan    
B.      Kekecewaan
C.      Lapang dada
D.      Kekesalan
17.    Risna tidak sengaja menyobekkan beberapa halaman buku PPKn milikmu yang dipinjamnya kemarin. Bagaimana tindakanmu terhadap Risna?
A.     Tidak mau meminjamkan buku lagi pada Risna
B.     Memarahi Risna karena tidak bisa menjaga buku dengan baik
C.     Menangis dan melaporkannya kepada guru
D.     Memaafkan dan memperbaiki buku itu bersama-sama

18.    Orang yang lapang dada pasti mau menerima ....
A.     Bantuan dari orang lain          
B.     Sumbangan dari orang lain                  
C.     Uang dari orang lain
D.     Kritik dari orang lain

19.    Tindakan yang selalu berdasarkan sikap lapang dada akan sangat bermanfaat bagi kita sendiri, sebab dapat melatih kita untuk ...
A.     Tidak mudah putus asa
B.     Mudah putus asa
C.     Mudah menyerah pada nasib
D.     Berani menentang orang lain

20.    Orang yang memiliki sikap lapang dada, terhadap orang lain yang berbeda dengan pendapatnya, akan selalu ....
A.     Menolaknya                                        
B.     Memarahinya
C.     Menghargainya
D.     Mencemoohkannya

21.    Jika usul kamu dalam suatu musyawarah tidak diterima, seharusnya kamu ....
A.     Tidak melaksanakan hasil musyawarah
B.     Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada
C.     Menerima hasil musyawarah dengan terpaksa
D.     Mengusulkan agar dilaksanakan musyawarah ulang
22.    Setiap warga negara bebas mengemukakan pendapat, pikiran dengan lisan maupun tulisan. Hal itu  sesuai dengan UUD 1945 pasal ....
A.     27                  C.    29
B.     28                  D.    30

23.    Bersikap lapang dada tidak berarti ….
A.      Mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi
B.      Mendahulukan kewajiban daripada hak
C.      Mendahulukan kepentingan pribadi dan hak pribadi
D.      Menjunjung nilai kemanusiaan dan mencintai sesama manusia

24.    Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban merupakan pengamalan Pancasila, yaitu sila ke:
A.     Satu               C.    Tiga
B.     Dua                D.    Empat

25.    Dalam sistem pemerintahan demokrasi, kekuasaan berada di tangan ....
A.     penguasa        C.    pengusaha
B.     militer            D.    rakyat

26.    Pemilihan umum merupakan salah satu cara pelaksanaan demokrasi. Sistem demokrasi di negara kita menganut sistem demokrasi ....
A.      pancasila        C.    terpimpin
B.      liberal             D.    rakyat

27.    Pemilihan umum di Indonesia dilaksanakan dengan jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan ....
A.      Demokrasi                                           
B.      Rahasia
C.      Sopan
D.      Tanggung jawab

28.    Berikut ini merupakan manfaat sikap lapang dada, kecuali ....
A.      Banyak menerima hadiah dari teman
B.      Kita akan mempunyai banyak teman
C.      Sikap dan sifat kita akan diteladani orang lain
D.      Kita akan hidup tenteram karena tidak mempunyai musuh

29.    Jika sedang mengalami kesusahan, orang yang lapang dada pasti akan ...
A.      Merenungi nasibnya                              
B.      Menyalahkan orang lain
C.      Marah-marah tidak karuan
D.      Menjalaninya dengan tabah

30.    Sesuai dengan keputusan musyawarah kelas, diputuskan bahwa untuk kepentingan olahraga diperlukan bola kaki, dan setiap siswa wajib membayar uang iuran sebesar Rp. 2000,-. Ketika musyawarah itu, Anton tidak masuk sekolah. Sikap Anton sebaiknya ....
A.      Tidak perlu membayar iuran, sebab tidak ikut musyawarah
B.      Tidak perlu membayar iuran, karena Anton tidak suka sepak bola
C.      Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah
D.      Meminta kepada ketua kelas agar musyawarah diulang kembali

Essay


1.      Sebutkan ciri-ciri sesuatu yang indah!
2.      Keindahan dalam diri pribadi seseorang dapat diwujudkan dalam bentuk ....
3.      Apa akibatnya jika kamu tidak bersikap lapang dada?
4.      Bagaimana sikap kita terhadap pendapat orang lain yang berbeda?
5.      Memberi maaf kepada orang lain yang telah menyakiti kiya harus dengan ....